Friday, January 18, 2019

Daftar destinasi wisata pantai di kabupaten kebumen jawa tengah

Wisata Pantai

1. Pantai Ayah

Pantai ini berada di Ayah , Kecamatan Ayah . Terletak 9 km dari Goa Jatijajar. Pantai ini berada di dekat muara Sungai Ijo. Wisatawan dapat menyewa perahu sambil menatap indahnya perbukitan. Pantai Ayah juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) sehingga wisawatan bisa membeli ikan dan menikmati sajian seafood di kawasan ini. Di sini dapat disaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan karena pantai ini mengarah ke arah barat. Disini juga terdapat wisata hutan mangrove.

2. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong , Kecamatan Buayan. Nuansa pantai yang dipagari perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Di samping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang yang bolong (berlubang) dengan sarang burung waletnya.

3. Pantai Suwuk
keunikan pantai suwuk
PANTAI SUWUK

Terletak di Tambakmulyo, Kecamatan Puring . Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit, terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dan terletak 50 km dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju pantai suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju pantai suwuk. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap serta wahana lain yang mendukung seperti kebun binatang mini dan Mini Water Boom.

4. Pantai Petanahan
pantai petanahan yang unik
PANTAI PETANAHAN

Terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan atau 17 km Barat daya Kota Kebumen. Dengan ombak besarnya, Pantai Petanahan memiliki daya tarik tersendiri. Di lokasi ini juga dilengkapi panggung terbuka bagi acara-acara seni rakyat. Selain itu juga terdapat hutan cemara udang yang rindang hasil kerjasama penghinjauan pantai antara Pemkab Kebumen dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pantai petanahan juga merupakan pantai yang menjadi tempat bertelurnya penyu hijau.

5. Pantai Pasir

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah atau 24 km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 km sebelah barat Pantai Karangbolong. Di balik keindahan alam yang memukau, Pantai Pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Adapun pintu gerbang tersebut berupa batu karang yang seperti berujud beruang yang sedang minum air telaga. Di samping wisata alam pantai yang menawan, Pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut, karena Pantai Pasir juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling Pantai Pasir merupakan perpaduan antara alam laut yang indah, pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur. Pantai Pasir dipercayai sebagai pintu gerbang
Nyi Roro Kidul.

6. Pantai Lampon

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah atau 24 km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 km sebelah barat Pantai Karangbolong. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Pasir. Pantai Lampon memiliki garis pantai yang pendek dan menyerupai teluk kecil. Pasirnya berwana hitam serta memiliki tebing karang di sisi barat dan timur. Sementara diatasnya terdapat Bukit Lampon untuk melihat pemandanan laut dari ketinggian. Di bukit ini juga digunakan untuk camping wisatawan.

7. Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur , Kecamatan Ayah . Pantai ini memiliki karang terjal dan bukit disebelah timur serta tebing yang menjulang tinggi dibibir pantai sebelah barat. Pantai Menganti memiliki pasir putih yang menawan. Pantai ini juga sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga kegiatan nelayan menjadi hal lumrah di pantai ini. Keindahannya memukau siapapun yang berkunjung ke Pantai Menganti. Perpaduan ombak, pasir putih, nelayan, bukit dan tebing hijau akan menghadirkan keindahan tersendiri. Di bagian barat Pantai Menganti terdapat tebing raksasa yang memanjang. Jika musim hujan tiba, Tebing tersebut akan mengucurkan air terjun. Tak tanggung-tanggung, terdapat empat air terjun disana.

8. Pantai Karangbata

Pantai Karangbata terletak di Desa Karangduwur , Kecamatan Ayah atau di sebelah timur dari Pantai Menganti. Pantai Karangbata merupakan
pantai yang sempit dan dihiasi batuan vulkanik purba yang berserakan di Tanjung Karangbata. Lokasinya yang sangat dekat dengan Pantai Menganti seringkali disebut sebagai Pantai Menganti. Pantai Karangbata biasa dinikmati dari gubuk-gubuk diatas bukit. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini. Bentuk karang laut inilah yang membuat pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknya yang mirip batu bata. Secara geologi Tanjung Karangbata merupakan bekas gunung api purba. Hal tersebut ditandai dengan adanya sisa lava beku yang membentuk kekar kolom.

9. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah . Keindahan pantai ini terletak pada bukit hijau tinggi menjulang di bibir pantai yang cukup luas. Pantai ini dihiasi pasir hitam dan pohon kelapa yang rapat disepanjang pantai hingga keatas puncak bukit. Pantai Pecaron juga memiliki karang yang membatasi pasir dengan lautan sehingga ombak ganas pantai selatan bisa diredam seusai tiba ke bibir pantai. Ditempat ini juga disediakan wahan Camping Groud yang memadai. Pantai Pecaron masih sangat alami sehingga belum banyak terjamah wisatawan umum. Sementara diatas Pantai Pecaron terdapat Bukit Silayur dimana di tempat tersebut wisatawan bisa melihat Pantai Pecaron dan laut selatan dari ketinggian.

10. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni , Kecamatan Ayah . Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Pedalen. Keindahan pantai ini terletak pada sebuah karang yang tinggi menjulang menjorok ke lautan. Pantai Karang Agung merupakan pantai berkarang sehingga tak banyak ditemui pasir pantai terlebih jika air laut pasang. Pantai Karang Agung memiliki panorama yang indah. Perpaduan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini sangat istimewa. Pantai Karang Agung juga salah satu pantai paling alami dan bersih di Kabupaten Kebumen.

11. Pantai Sur Manis

Pantai Sur Manis atau Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir ,
Kecamatan Ayah. Terletak di barat Pantai Lampon dan sebelah timur Pantai Pecaron. Pantai Sur Manis memiliki pasir pantai berwarna hitam dengan garis pantai yang landai. Pantai ini masih sangat bersih dan alami. Pantai Sur Manis dipagari perbukitan yang hijau. Disini juga ditemui air terjun serta goa. Namun air terjun tersebut hanya dijumpai saat musim penghujan tiba.

12. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran berada di Desa Pasir , Kecamatan Ayah . Pantai ini berada di timur Pantai Sur Manis. Pantai Gebyuran sangat kecil dan berupa ceruk diantara tebing perbukitan. Terdapat sebuah goa kecil dengan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Untuk berwisata kesini akan dikenai sebuah paket wisata bersama dengan Pantai Pasir, Pantai Lampon, Bukit Lampon, Pantai Sur Manis, Goa Wora-Wari dan Tanjung Karang Penganten di Desa Pasir , Kecamatan Ayah .


11. Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo , Kecamatan Mirit . Pantai ini berada di batas timur Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Pantai Lembupurwo memiliki garis pantai yang panjang serta pasir yang berwarna hitam. Keunikan pantai ini adalah adanya Laguna serta Gumuk Pasir. Laguna yang membentuk danau air payah dibatasi hutan cemara yang rindang serta mangrove yang rapat. Pantai ini juga memiliki gumuk pasir yang masih aktif sehingga cocok untuk olahraga sandboarding.

12. Pantai Nogosari

Pantai Nogosari atau Pantai Sawangan berada di Desa Karangduwur ,
Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di Teluk Nogosari dikelilingi tebing dan perbukitan terjal. Pantai ini merupakan muara dari Air Terjun Sawangan yang berada 150 meter di sebelah utaranya. Sehingga dikenakan paket wisata Sawangan Adventure untuk menikmati pantai ini bersamaan dengan Air Terjun Sawangan , Tanjung Nogosari, Goa Sarang Burung serta Goa Siwowo. Pantai ini memiliki pasir hitam keabuan dan berbatu. Pantai ini masih sangat alami.

13. Pantai Bocor

Pantai Setrojenar atau populer dengan sebutan Pantai Bocor berada di Desa Setrojenar , Kecamatan Buluspesantren . Pantai Bocor berada sekitar 10 km ke arah selatan dari pusat Kota Kebumen. Seperti pantai kebanyakan yang berhadapan dengan Samudera Hindia, deburan ombak ganas dan pasir hitam mengkilap akan menyapa pengunjung sesampainya di bibir pantai. Di tepi pantai ini juga berjejer warung-warung makan, cindera mata hingga kolam berenang untuk anak-anak. Jika mampir ke salah satu warung di sana jangan lupa mencicipi rempeyek undur-undur laut khas Pantai Bocor. Warga menyebutnya
Peyek Yutuk . Sembari menunggu senja datang, berolahraga pantai atau menunggang kuda menjadi alternatif kegiatan di pantai ini.

14. Pantai Bopong

Pantai Bopong terletak di Dusun Bopong, Surorejan, Kecamatan Puring . Jarak Pantai Boponga sekitar 24 Km arah barat daya dari Kota Kebumen dan 20 Km tenggara Kota Gombong. Pantai Bopong berada di sebelah timur dari Pantai Suwuk. Pantai Bopong masih terlihat sederhana dan alami. Pantai Bopong memiliki pasir pantai hitam seperti pantai di Kabupaten Kebumen pada umumnya. Pantai Bopong merupakan satu dari tiga pantai yang dijadikan spot bagi penyu untuk bertelur dan berkembang biak. Pantai Bopong juga memiliki ombak
laut yang ganas khas perairan pantai selatan. Sekira 150 meter di timur Pantai Bopong terdapat Laguna Sungai Gajah atau Laguna Bopong yang merupakan sebuah muara Sungai yakni Sungai Gajah yang berada diantara Pantai Bopong di Desa Surorejan dan Pantai Cliringsilongob di Desa Waluyorejo . Tak seperti Laguna Pantai Lembupurwo di
Kecamatan Mirit yang luas. Laguna yang berada di sebelah timur Pantai Bopong ini tidak terlalu luas dan rindang. Namun, pemandangan khas laguna dengan laut selatan yang riuh dengan suara deburan ombak ganas menjadi harmoni alam yang indah.

15. Pantai Criwik

Pantai Criwik terletak di Dusun Criwik, Desa Tambakmulyo. Pantai Criwik tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen dan pantai terdekatnya yakni Pantai Suwuk dan Pantai Bopong. Perbedaanya Pantai Criwik masih bersih dan alami. Pinggir pantainya nampak rindang oleh cemara udang yang tumbuh di sepanjang garis pantai. Fasilitas yang disediakan cukup bagus mulai dari warung makanan hingga Toilet.

0 komentar

Post a Comment

Entri Populer