Thursday, December 13, 2018

Destinasi wisata dipulau biawak indramayu


PULAU BIAWAK, DESTINASI WISATA LAUT INDRAMAYU

Kalau sebelumnya banyak wisatawan lokal dan mancanegara terpikat dengan pesona wisata Pulau Komodo di Nusa Tenggara. Sepertinya sekarang saatnya kita memperkenalkan tempat yang tidak kalah menarik di Indramayu bernama Pulau Biawak. Dari namanya saja sepertinya sudah pada bisa menebak ya kalau di pulau ini para pengunjung bisa ketemu saudara komodo yang ukurannya lebih kecil.
Destinasi wisata dipulau biawak indramayu
pulau biawak 
Apa sih yang membuat Pulau Biawak ini wajib direkomendasikan untuk wisatawan?
Pulau Biawak ini bisa kita temukan di Indramayu, sekitar 40 kilometer sebelah utara Jawa. Sebelum dikenal dengan nama Pulau Biawak,
lokasi ini sebenarnya bernama Pulau Rakit. Namun karena banyaknya spesies biawak hidup di dalamnya, maka digantilah namanya menjadi Pulau Biawak. Untuk menuju lokasi eksotis ini  bisa menggunakan perahu dari pelabuhan KARANGSONG dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 3 sampai 4 jam. Dan sesampainya di pulau, kalian akan disambut oleh gerbang bertuliskan KKLD Pulau Biawak ( Kawasan Konservasi Laut Daerah).
Terdapat mercusuar yang jadi ikon
Selain dikenal karena populasi biawak yang cukup banyak, pulau ini juga identik dengan keberadaan mercusuar tepat setelah gerbang masuknya. 
Mercusuar ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1872 dan memiliki tinggi kurang lebih 65 meter. Kerennya lagi menara pandang ini masih aktif digunakan sebagai penunjuk arah sampai saat ini.Belum lagi para pengunjung juga diperbolehkan menaiki mercusuar untuk menyaksikan keindahan sekeliling pulau yang membelalakkan mata dari ketinggian. Bangunan mercusuar juga kerap digunakan sebagai latar foto, belum lagi tangga ulirnya yang nampak sangat indah bila dilihat dari bawah.
Waktu terbaik bertemu biawak
Akan sangat senang rasanya saat berkunjung ke pulau tersebut dan bertemu dengan hewan endemiknya. Perlu diketahui bahwa biawak ini termasuk hewan yang cukup ramah dan tak ragu mendekat saat ada pengunjung tiba. Belum lagi keberadaan guide yang sekaligus berperan sebagai ‘pawang’ akan memastikan kunjunganmu aman. Bila ingin melihat gerombolan biawak, Cinnamores cukup perlu meletakkan daging atau ikan di tepi pantai untuk kemudian dihampirinya. Atau biasanya kawanan hewan eksotis ini akan keluar di sore hari untuk mencari ikan di tepi pantai. Saat inilah kalian bisa menyaksikan serunya para biawak di tepi pantai. Dan lagi bila ingin melihat, pastikan posisi kalian tidak berada di bagian belakangnya ya, untuk menghindari terkena sabetan ekor biawak.

Keindahan Pulau biawak
Selain bertemu dengan si biawak, masih ada banyak hal yang bisa kalian lakukan. Dan tentu salah satunya adalah berenang.
Pulau ini punya perairan laut dangkal di bagian tepinya yang jadi spot terbaikmu untuk merasakan jernihnya air. Atau kalian juga bisa mencoba diving serta snorkeling untuk melihat indah dan warna-warninya terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berenang dengan cantik di bawah laut. Pokoknya birunya laut di sini oke banget untuk background foto kalian. Belum lagi dermaga panjang di pulau ini,


0 komentar

Post a Comment