Sunday, March 10, 2019

Sate ambal Kuliner khas kebumen

Sate ambal Kuliner khas kebumen

Sate ambal Kuliner khas kebumen
sate ambal khas kebumen
Kebumen merupakan salah satu kabupaten di provinsi jawa tengah yang terletak dipesisir selatan pulau jawa yang berbatasan langsung Dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat, dan Kabupaten purworejo di sebelah timur.
oleh karena itu banyak sekali wisata pantai di kebumen,selain wisata pantai, terdapat juga wisata goa,wisata Alam,pemandian air panas  (krakal),waduk wadaslintang,waduk sempor,wisata bukit,air terjun dll.



Kebumen juga mempunyai banyak ragam kuliner lezat. Salah satunya yaitu sate Ambal.
Sate ayam Ambal adalah salah satu jenis kuliner khas Kebumen yang namanya sudah familiar bagi Anda para penggemar sate tentunya. Masyarakat lebih mengenal makanan ini dengan nama Sate Ambal.
Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari sebuah desa di Kebumen, yakni di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal.
Saat ini, sate Ambal dapat Anda jumpai di sejumlah warung makan yang ada di Jalan Daendles Ambal. Kawasan ini merupakan salah satu jalan alternatif untuk menjangkau beberapa daerah lain seperti Purwokerto, Cilacap, dan Yogyakarta, sehingga untuk mencarinya Anda tidak akan merasa kesulitan.
Pada dasarnya, Sate Ambal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan sate lainnya yang lebih mengutamakan dan mengandalkan penggunaan bumbu kacangnya.
Ciri khas sate ini sendiri terdapat pada cara pengolahan dan bumbu yang digunakannya. Dalam pengolahannya, daging diolah bersama dengan bumbu, kemudian sate dibakar di atas bara api. Karena daging yang digunakan telah dimasak terlebih dulu, maka daging sate ini akan terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut kendati belum dibakar sekalipun. Saat dibakar, aroma khas dari sate ini sangat terasa menggiurkan untuk segera dicicipi.
Dalam penyajiannya, sate Ambal yang telah dibakar dihidangkan di dalam piring yang bumbunya disajikan secara terpisah. Selain itu, sambal yang digunakan pun berbeda sari jenis sate lainnya. Untuk Sate Ambal ini digunakan sambal tempe kedelai. Hampir sama dengan sejumlah jenis sate lainnya, sate ambal ini juga disajikan bersama dengan potongan ketupat yang disesuaikan dengan selera pelanggan.
Let's visit Kebumen.



Referensi: 



0 komentar

Post a Comment