Friday, January 4, 2019

Pesona pantai tirtamaya indramayu-jawa barat

Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Barat

Sebagai sebuah kota yang berada di belahan utara Pulau Jawa, Indramayu menyimpan banyak potensi wisata pantai yang menarik. Salah satunya adalah sebuah pantai bernama Pantai Tirtamaya. Bagi Anda yang berkunjung ke pantai utara Pulau Jawa, Pantai Tirtamaya bisa menjadi pilihan untuk berekreasi. Dengan deburan ombaknya yang khas, pantai ini merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Indramayu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Anda dapat membawa peralatan piknik untuk lebih meresapi pengalaman wisata pantai Anda.
Objek Wisata Pantai Tirtamaya merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Indramayu yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan deburan ombaknya yang khas, pantai ini merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Indramayu. Anda dapat membawa peralatan piknik untuk lebih meresapi keindahan wisata Pantai Tirtamaya, sekaligus berenang di Pantai Tirtamaya. Selain sebagai pemandian laut yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.
Wisata pantai memang menyenangkan, apa lagi bermain air di pantai sungguh sangat menyenangkan sekali, namun anda juga harus berhati-hati saat di pantai jangan sampai anda terkena gigitan binatang laut seperti ubur ubur atau yang lainnya, dan tetap waspada saat berenang jangan sampai anda tenggelam atau terseret arus ombak, saat melintasi jalur pantura untuk orang yang pergi ke jawa dengan mobil pribadi atau bus biasanya anda melewati indramayu, dan di jalur pantura tersebut ada beberapa tempat yang jalanannya dekat laut salah satunya yaitu indramayu biasanya orang melihat kawasan wisata pantai tirtamaya.
Wisatawan yang biasa datang ke pantai ini memang tidak melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving. Hal ini karena ombak yang ada di pantai ini cukup besar. Biasanya wisatawan yang datang sekedar untuk piknik, berenang, ataupun menikmati pemandangan matahari terbenam.
pantai tirtamaya destinasi favorite
pantai tirtamaya



Lokasi

Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu termasuk salah satu obyek wisata yang relatif lebih dikenal masyarakat luas, dibandingkan obyek wisata pantai lainnya yang ada di Indramayu. Maklum, obyek Wisata Tirtamaya ini sejak dulu sudah dikelola Pemkab Indramayu melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga.
Lokasi pantai Tirtamaya yang berjarak sekira 20 kilometer dari Kota Indramayu itu, sangat mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Di lokasi wisata ini juga terdapat pantai yang kurang lebih 50 meter ke lepas pantai masih bisa di lalui dengan jalan kaki. Di lokasi wisata ini juga terdapat warung-warung untuk peristirahatan selepas menikmati keindahan pantai Tirtamaya, terdapat juga tempat untuk Pemandian atau ruang bilas apabila sudah selesai bermain di pantai ini.
Akibat Abrasi
Hanya saja dalam perjalanannya, obyek wisata Tirtamaya yang letaknya sekitar 15 km arah Timur Kota Indramayu yang bersebelahan dengan Pantai "Glayem" ini nampaknya kurang beruntung. Hal itu disebabkan karena Tirtamaya sejak dekade 90-an terkena bencana alam abrasi atau pengikisan pantai akibat ombak laut.
Kini lahan pertanian yang berada di pesisir Eretan berubah jadi lautan. 30 tahun lalu di depan SPBU Eretan merupakan kawasan hutan mangrove dan lahan pertanian subur, kini bahu jalan berdekatan dengan laut hanya kurang dari 10 meter. Diperkirakan daratan yang tergerus abrasi untuk Eretan mencapai 200 hektare. Lahan garapan petani Eretan menghilang, selain itu hutan mangrove dan tempat bermain warga serta tempat wisata, kini hanya tinggal kenangan. Diperkirakan abrasi akan semakin merusak daratan Indramayu.
Sebelumnya tempat wisata pantai Tirtamaya, Kabupaten Indramayu jadi tujuan pengunjung, sekarang arena bermain dan daratannya berubah menjadi lautan hanya tersisa sekitar 10 persen. Kini tempat tersebut sepi dan nyaris ditinggalkan.
Pihak Pantai Tirtamaya berharap ada upaya dari pemerintah untuk melindungi pantai Indramayu yang semakin tergerus akibat abrasi, selama ini hanya dibuat pemecah gelombang, padahal mengembalikan hutan mangrove akan menjadi solusi.
Namun, saat ini pantai laut Tirtamaya sudah dikembangkan. Tidak hanya telah dibangun penahan ombak atau break water, namun juga menjadi tempat sandarnya kapal boat yang menuju ke obyek wisata Pulau Biawak.
Kondisi pantai laut Tirtamaya, yang saat ini semakin indah dan enak serta nyaman bagi para pengunjung, membuat pantai laut itu menjadi favorit warga untuk melakukan wisata laut bersama keluarga dan handautaulannya.





0 komentar

Post a Comment

Entri Populer